[TIPs] Mengganti Karet Seal Pompa di Tandon Air Wiper

Bagi para pengguna Kuda yang memang jam terbangnya sudah lama biasanya ada yang mengalami bocor di tandon air untuk wiper. salah satunya yang umum terjadi adalah karet seal yang mnghubungkan antara pompa dan rumah tandon sudah mengalami kerusakan. Akibta korosi yang terjadi dikaret ini maka sambungan pompa ke rumah tidak bisa rapat dan mengakibatkan air dalam tandom lolos keluar tandon. Dalam tulisan ini menggambarkan betapa mudahnya sebenarnya mengganti karet seal tersebut. Harga karet ini juga sangat murah sekitar 15 ribuan udah sepasang. Kasus yang saya alami di Kuda Grandia yang mempunyai pompa dengan jumlah 2 buah. Pompa pertama untuk wiper depan dan satunya lagi untuk wiper belakang.
Gambar dibawah ini menunjukkan urutan untuk melakukan penggantian secara langsung karet yang ada tandon. tentunya kita harus melepas dahulu tandon dan melepaskan pompa dari rumah tandon. setelah itu dapat diganti dengan yang baru. 
12

34

56

78

Sekedar mengingatkan saat memasang kembali saya sarankan untuk memberi silicon pada karet seal dan rumahnya tandon agar lebih yakin kerapatannya (7). Setelah pemasangan semua karet selesai , disarankan untuk mencoba diisi air dulu untuk cek kebocoran. [herusu71]


1 comment:

  1. nice info gan....
    mo tanya nih. kuda saya kudis SE 2001. untuk wiper blakang ko suka kluar aer sendiri ya? sekarang ini akhirnya listrik yg ke pompa wiper blakang saya cabut. apa ini gejala pompany udah minta ganti?
    kira2 nanti masangx lagi susah ga yah?

    ReplyDelete